Karena Michelin, Yamaha Rombak Tangki Motor Rossi dan Lorenzo

Karena Michelin, Yamaha Rombak Tangki Motor Rossi dan Lorenzo



VALENCIA - Yamaha telah mempersiapkan motor tunggangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo saat balapan MotoGP 2016 dengan beragam perubahan. Selain ban anyar yang akan menggunakan Michelin, perubahan juga terlihat dari segi penempatan tangki motor di YZR-M1.

Dilansir Crash, Jumat (4/12/2015), tangki bahan bakar YZR-M1 kemungkinan dipindah ke bagian ekor alias di belakang tempat duduk pembalap. Sebelumnya, tangki berada di sisi depan sebagaimana biasanya.

Tangki tersebut sejatinya sudah digunakan Katsuyuki Nakasuga saat berlaga di Grand Prix Jepang pada 11 Oktober lalu. Kala itu, test rider Yamaha tersebut menyelesaikan balapan di posisi ke-23. Lorenzo dan Rossi juga menjajalnya saat pengujian di Aragon dan Valencia beberapa waktu lalu.

Ketika itu, Lorenzo mengungkapkan perubahan posisi tangki di YZR-M1 untuk menyesuaikan motor yang akan menggunakan ban Michelin. Jika sebelumnya ban Bridgestone dikenal 'galak' di bagian ban depan, maka kinerja Michelin dianggap lebih bagus di bagian belakang sehingga posisi tangki diubah mengikutinya.

"Mesin 2016 yang kami gunakan di Aragon adalah motor yang menyesuaikan ban Michelin agar mendapatkan performa terbaik. Tangki bahan bakar kini berada di bagian belakang, sebelumnya berada di depan," ucap Lorenzo waktu itu.

Manajer Lorenzo, Wilco Zeelenberg saat dikonfirmasi menyebutkan, perubahan posisi tangki tak hanya untuk menyesuaikan ban Michelin. Perubahan jumlah bahan bakar yang akan menggunakan 22 liter (sebelumnya 20 liter -red) ditakutkan memengaruhi kinerja motor. 

"Ini soal keseimbangan cengkraman yang berbeda dengan Michelin, tetapi kami juga punya dua liter bahan bakar lebih banyak sehingga perlu membuat volume yang lebih besar. Mencari lebih banyak ruang," jelasnya.

Kendati demikian, Zeelenberg menyebut perubahan posisi tangki ini belum bisa dipastikan bakal digunakan Rossi dan Lorenzo musim depan. Singkat kata, perubahan ini masih coba-coba alias masih dalam pengujian.

"Ini belum benar-benar sudah diputuskan jika kita akan menggunakan tangki dengan set-up seperti ini. Kami tahu kami punya dua liter bahan bakar lebih untuk digunakan sehingga ide ini dimunculkan dan akan mencobanya," tegasnya.

"Pada dasarnya kita tetap bisa melaju dengan tambahan dua liter bahan bakar, tetapi Anda tidak bisa melaju lebih kencang karena memiliki airbox. Sedangkan, jika Anda membuat airbox yang kecil maka akan jadi masalah," tutupnya.

Mau Miniatur MotoGP Keren? Klik disini

motogp,auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings, car insurance, compare car insurance, car insurance quote, low cost car insurance, buy car insurance, compare car insurance

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karena Michelin, Yamaha Rombak Tangki Motor Rossi dan Lorenzo"

Post a Comment