Kemenpora Minta Maaf Jika Rio Haryanto Gagal Menuju F1

Kemenpora Minta Maaf Jika Rio Haryanto Gagal Menuju F1



JAKARTA -- Nasib pembalap Formula One (F1) Indonesia Rio Haryanto terancam gagal menuju arena balapan tercepat di dunia. Tenggat waktu pembayaran uang muka agar pembalap 23 tahun itu bisa tampil di ajang balapan internasional tersebut berakhir hari ini, Jumat (5/2).

Namun, uang panjar sponsor tersebut sampai hari ini belum didapat. Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot Dewa Broto mengatakan, pemerintah tak bisa berbuat banyak atas nasib pembalap kebanggaan Indonesia tersebut.

"Kami (atas nama Kemenpora) meminta maaf kepada pihak Rio jika memang gagal (memberikan jaminan pembiayaan)," kata Gatot saat ditemui di Kemenpora, Jakarta, Jumat (5/2).

Gatot menerangkan jumlah panjar yang harus dibayarkan Rio cuma senilai 3 juta euro atau senilai Rp 45 miliar. Uang muka tersebut, modal awal dari setotal 15 juta euro (Rp 225 miliar) yang harus diserahkan ke Manor Grand Prix Racing Ltd selaku tim balapan Rio menuju F1.


Tapi, sampai hari ini biaya uang muka tersebut tak didapatkan. Sebetulnya, Kemenpora pernah mengatakan untuk membantu Rio dengan menjanjikan uang kontan Rp 100 miliar. Dana tersebut disalurkan lewat Komite Olahraga Nasional (KONI).

Komitmen perbantuan tersebut pun sudah ditandatangani pekan lalu. Akan tetapi, Gatot menyampaikan, persoalan administratif membuat dana tersebut sulit digelontorkan. Selain Kemenpora, Gatot mengatakan, PT Pertamina juga pernah punya komitmen untuk membantu Rio dengan janji senilai 5 juta euro atau senilai Rp 78 miliar.

Akan tetapi, bantuan dari perusahaan milik negara itu juga tak bisa dicairkan. Sebab, dikatakan dia, PT Pertamina hanya akan memberikan dana tersebut setelah uang panjar Rp 45 miliar yang harus dibayarkan Rio ke pihak Manor diselesaikan.

"Karena uang dari (PT) Pertamina itu perjanjiannya hanya untuk uang reimburse (uang pengganti) dari yang sudah dikeluarkan," kata Gatot menambahkan.

Mau Miniatur MotoGP Keren? Klik disini

motogp,auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings, car insurance, compare car insurance, car insurance quote, low cost car insurance, buy car insurance, compare car insurance

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemenpora Minta Maaf Jika Rio Haryanto Gagal Menuju F1"

Post a Comment