Sirkuit Sentul Siap Direnovasi Tanpa APBN

Sirkuit Sentul Siap Direnovasi Tanpa APBN



JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan pemerintah tidak bisa membantu renovasi Sirkuit Sentul dalam rangka menggelar MotoGP Indonesia 2017. Kendati tidak bisa membantu peremajaan sirkuit, pemerintah juga tidak mau kehilangan kesempatan menggelar balapan di Indonesia. 

Rencana menggelar MotoGP Indonesia 2017 memang masih 'jauh panggang dari api'. Sirkuit Sentul yang notabene paling siap menggelar balapan, dengan catatan di renovasi, tidak mungkin mendapat bantuan pemerintah dalam bentuk dana langsung. Undang-undang mengatur APBN agar tidak membiayai sektor swasta murni. 

Kendati demikian, pengelola Sirkuit Sentul, Tinton Soeprapto mengklaim pihaknya sanggup merenovasi sirkuit walau tak mendapat bantuan dana dari pemerintah. Saat rapat dengan Menpora di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Selasa (2/2/2016), Tinton mengaku hanya butuh payung hukum (Keppres) dari Presiden Joko Widodo. 

"Saya mohon petunjuk Bapak Menteri. Sirkuit Sentul ini kami bangun untuk dunia. Untuk balapan roda dua, Dorna-nya mau ke sini. Dari awal kami tahu rambu-rambunya," ujar Tinton. 

"Saya butuh payung hukum, sebab teman-teman saya swasta. Pengalaman Pak SBY dulu datang ke Sirkuit naik motor. Sekarang sistem alur lalu-lintasnya saja yang perlu dibenahi. Yang kami utamakan adalah magnetnya sebagai kejuaraan dunia. Kapasitas penonton sekarang 50 ribu orang. Yang dibutuhkan kapasitas 120 ribu orang. Lahannya di pinggir kali. Nah, kali itu bukan punya saya," tambah Tinton. 

Tinton dalam pertemuan tersebut juga meminta Menpora untuk merestui penggunaan Sirkuit Sentul sebagai penyelenggaraan MotoGP 2017. Direktur Sirkuit Sentul itu merujuk pada beberapa event MotoGP  yang akan digelar di dalam waktu dekat. 

"Februari ini (Marc) Marquez akan ke Sentul untuk launching Tim Honda. Jika nanti MotoGP 2017 tidak jadi di Sentul, bagaimana saya," kata Tinton. 

Menpora sendiri menekankan secara prinsip bahwa MotoGP tidak akan digeser dari Indonesia. Sayangnya, pemerintah baru akan menyusun jadwal rapat terbatas untuk membas permasalahan ini.   

"Saya harus menjelaskan hal-hal terkait MotoGP. Nanti ketika rapat terbatas (ratas), akan saya sampaikan juga ke Presiden terkait pembicaraan saya dengan Pak Tinton sekarang ini," ujar Imam. "Saya sampaikan silahkan dibangun, itu bagus. Namun jangan bergantung ke pemerintah. Bangun (Sentul) sendiri," lanjutnya. 

Mau Miniatur MotoGP Keren? Klik disini

motogp,auto insurance, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings, car insurance, compare car insurance, car insurance quote, low cost car insurance, buy car insurance, compare car insurance

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sirkuit Sentul Siap Direnovasi Tanpa APBN"

Post a Comment